Komunitas Muamalah

Posted by Gerai Dinar Purwakarta Senin, 19 Mei 2014 0 komentar
Seberapa banyak-pun manusia berkumpul bila dia tidak berinteraksi satu sama lain, maka manusia yang banyak tersebut tidak menghasilkan sesuatu bagi sesamanya. Seperti penumpang kereta yang berjejalan setiap hari di dalam kereta, mereka tidak saling memberi manfaat satu sama lain. Sebaliknya, dua tiga orang yang saling berinteraksi – mereka sudah bisa saling memberi manfaat. Melalui situs ini misalnya, saya mengenal sejumlah orang yang jauh lebih berilmu dan berpengalaman dari saya – dan dari merekalah kemudian antara lain saya belajar. Maka melalui situs ini pula, kami tidak berhenti untuk mendorong pembaca kami untuk saling berinteraksi sesamanya. Bagaimana caranya ?

Awalnya kami ingin dorong untuk bermuamalah satu sama lain, karena melalui muamalah inilah pihak-pihak yang beriteraksi akan langsung saling memberi manfaat.

Dari waktu ke waktu kami terus berusaha menyempurnakan system agar komunitas pembaca Gerai Dinar ini bisa saling bermuamalah dengan mudah dan efisien. Produk terakhir kami untuk ini adalah feature baru di www.lastfeet.com yang kami sebut Common Distribution Channel (CDC).

Secara sederhana fungsi CDC ini adalah agar para pembaca Gerai Dinar bisa saling menjadi agen (saling mengageni) satu sama lain. Secara bersama-sama komunitas ini membangun jalur distribusi untuk berbagai produk berupa barang dan jasa. Setelah jalur distribusi ini terbangun, maka kita akan memiliki ‘pasar bersama’  dan di situlah kita bisa saling memenuhi kebutuhan kita masing-masing.

Ada dua pihak di CDC ini, pertama adalah pemilik produk awal – bisa saja dia produsen ataupun agen dari produsen lain. Ketika dia meng-introdusir produknya sebagai produk yang available untuk CDC, maka produk tersebut akan bisa ikut didistribusikan oleh sejumlah besar reseller lain yang tertarik.

Bayangkan misalnya Anda bisa memproduksi mukena yang sangat baik dan enak dipakai, kemudian Anda kenalkan ke lastfeet.com dan diberi tanda available untuk CDC – maka tiba-tiba sejumlah besar pembaca situs ini yang tertarik akan menjadi agen Anda untuk menjualkan produk Anda yang baik tersebut di lingkungannya masing-masing.

Atau sebaliknya, Anda ingin berjualan tetapi tidak memiliki barang dan belum tahu barang apa yang ingin Anda jual.  Maka Anda cukup browse di lastfeet.com dan mencari barang-barang yang menarik, utamanya lihatlah barang/jasa yang diberi tanda CDC – berarti barang atau jasa tersebut boleh diageni. Selanjutnya Anda tinggal request untuk menjadi agen dari barang yang Anda minati tersebut. Setelah disetujui pemiliknya, Anda otomatis akan menjadi agen dari produk yang bersangkutan.

Setelah menjadi agen dari suatu produk barang atau jasa, pengguna lastfeet.com akan melihat Anda sebagai penjual barang atau jasa tersebut di lokasi Anda – dan untuk ini Anda tidak perlu lagi meng-input data detil tentang produk barang-jasa yang Anda ageni tersebut karena sudah terbawa secara otomatis dari data pemilik produk awal yang sudah memasukkan data-data yang dibutuhkan.

Lebih detil tentang bagaimana mendaftarkan produk untuk didistribusikan melalui fasilitas CDC di LastFeet. Com ini dapat Anda lihat dengan mengunjungi www.lastfeet.com kemudian klik menu How to use.  Setelah itu klik tab Common Distribution Channel, maka Anda akan dapat melihat ilustrasi grafis yang sederhana mengenai cara penggunaannya sebagi berikut :

Panduan penggunaan feature CDC di Lastfeet.com
 
Semua fasilitas CDC ini merupakan pengembangan dari fungsi yang sudah jalan sebelumnya yang kita sebut Location Based Marketplace (LBM). Bedanya kalau di LBM Anda jualan sendiri, dengan CDC orang lain ikut rame-rame menjualkan produk Anda di lingkungan masing-masing bila produk Anda memang bener-bener menarik dan diberi tanda available untuk CDC.

Fasilitas LBM dan CDC adalah gratis, jadi  bayangkan Anda bisa membangun distribution channel Anda sendiri tanpa harus  keluar biaya satu sen-pun.

Lantas dari mana biaya untuk mengoperasikan system semacam ini bila layanannya gratis semua ?, Ada feature lain dari situs ini yang di kemudian hari barangkali akan Anda butuhkan. Feature tersebut adalah Customer Relationship Management (CRM) dan Trusted Third Party (TTP).

Anda mungkin akan membutuhkan dua layanan ini ketika jualan Anda sudah besar dan Anda perlu pengelolaaan yang lebih rapi. CRM untuk mengelola data-data statistik klien dan penjualan Anda, termasuk penjualan dari masing-masing agen. Sedangkan TTP adalah bila Anda ingin ada pihak ke 3 yang menjamin agar transaksi Anda dengan agen Anda atau dengan produsen Anda benar-benar terjamin pembayarannya, dan terjamin pula kwalitas produknya.

Anda hanya akan membutuhkan fasilitas CRM dan TTP – yang keduanya berbayar – setelah Anda menghadapi nice problem to have. Yaitu ketika barang Anda sudah laku banyak, dan Anda memang sudah mampu membayar fasilitas CRM dan TTP dari penjualan barang atau jasa Anda tersebut. Inipun bila layanan CRM dan TTP Anda anggap perlu, bila tidak juga tidak apa-apa. Anda tetap bisa menggunakan fasilitas LBM dan CDC terus secara gratis.

Fasilitas-fasilitas tersebut bukan hanya untuk muamalah komersial, kekuatan komunitas ini juga sudah kita buktikan bersama untuk kegiatan sosial keagamaan kita bersama. Sekolah yang kita beri nama Kuttab Al-Fatih, menyebar di 6 kota dan insyaAllah akan terus bertambah – antara lain juga karena ikut disebar luaskan informasinya melalui komunitas pembaca situs ini.

Demikian-pula dengan obat herbal yang tidak kita produksi dan pasarkan secara komersial, herbal yang kita danai dengan dana TAWAF (Ta’awun wa Waqf) yang kita sebut Herbal – 4 – Sunnah.  Herbal tersebut menyebar dengan sangat cepat, antara lain juga melalui komunitas ini.

Intinya adalah bila Anda memiliki produk yang benar-benar bagus – bahasa anak mudanya adalah produk yang “killing”, maka insyaAllah melalui komunitas ini produk Anda-pun akan cepat menyebar. Bahkan kami siap menuliskan rekomendasinya untuk produk yang memang benar-benar menarik.

Hanya dengan satu dua kalimat yang menyebar melalui komunitas, produk Anda insyaAllah sudah akan exist. Untuk kuttab Al-Fatih kalimat tersebut adalah “Gemilang Di Usia Belia”, sedangkan untuk produk Herbal-4-Sunnah kalimat itu adalah “Bila Anda hanya butuh satu obat herbal untuk seluruh keluarga dan seluruh penyakit, maka obat herbal itu adalah Herbal-4-Sunnah”.

Tentu bukan hanya kalimat yang diucapkan, tetapi kalimat yang harus bisa dibuktikan dan memiliki dasar yang sangat kuat. Untuk Herbal-4-Sunnah misalnya, dasarnya adalah hadits sahih : Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.” (HR. Bukhari)

Maka kami tunggu produk-produk Anda yang ‘killing’ di lastfeet.com  dan kita bangun bersama pasar kita sendiri – dari kita untuk kita, InsyaAllah.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Komunitas Muamalah
Ditulis oleh Gerai Dinar Purwakarta
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://geraidinarpurwakarta.blogspot.com/2014/05/komunitas-muamalah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Harga Emas24.com

Harga dinar selama 10 tahun

Harga dinar selama 1 tahun

Harga dinar selama 1 bulan

Harga dinar selama 1 minggu

harga

Buat Email | Copyright of Gerai Dinar Purwakarta.