Ketahanan pangan vs kapitalisme

Posted by Gerai Dinar Purwakarta Kamis, 07 Mei 2015 44 komentar

(Bp.Mulyana Ahmad)

Kemajuan teknologi budidaya, pasca panen dan pengolahan pangan telah menyebabkan sumber pangan dikuasai dan terkonsentrasi pada kelompok usaha tertentu. Kapitalis pangan ini bertingkat mulai dari tingkat global, regional dan lokal.
Kapitalis yang mengontrol dan mengendalikan pangan dunia adalah: Pepsico, Nestle, Kellog, Danone, Coca cola, Kraft, Tyson, Mars dll. Tidak ada pengolahan pangan dengan omset kurang dari Rp 1 triliun luput dari kelompok ini. Kapitalis regional seperti kelompok Charoen Pokphand, Kerry, Tipco dll. Mereka masuk pada segmen pangan bernilai Rp 0,5 triliun ke atas. Kapitalis lokal seperti indofood, sinar mas, garuda food dll, tidak ada usaha makanan dgn nilai kapital 50 milyar yg luput dari kelompok ini.

Kapitalis makanan ini menguasai dari hulu sampai kehilir. Membuat persaingan tdk seimbang. Perkebunan buah dan sayur apapun yang anda tanam, tdk akan mampu bersaing dengan pulpy orange atau Tipco. Karena hanya buah segar terbaik yg mereka jual, sedangkan buah grade 2 dan 3 langsung mereka olah menjadi pulpy orange atau juice buah aneka rasa dan dalam aneka kemasan.

Anda ingin beternak ayam? Bila tdk masuk dlm mitra Charoen Pokphand, berarti anda akan menjadi pembeli DOC, pakan, obat, vitamin dari mereka. Ketergantungan yg sedemikian besar tentu pada akhirnya akan merugikan semua. Andai saja terjadi "katastrope" di Brazil, kita tdk akan makan tahu, tempe dan kopi kita kurang manis karena kuta import 2 juta ton kedelai dan 1,5 juta ton raw sugar dari Brazil. Andai hubungan politik kita terganggu dgn Australia, berarti kita tdk akan cukup makan daging sapi. Nasinya juga pasti kurang kalau hubungan kita dgn vietnam terganggu.

Artikel ini sy buat bukan untuk melawan kapitalisme tapi untuk menggugah kesadaran akan pentingnya kemandirian. Sangat penting bagi sebuah bangsa untuk mampu menyediakan sendiri kebutuhan pangan dasar meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. Ketahanan pangan adalah menjadi bagian terpenting dalam ketahanan nasional dan ketahanan semesta.

" Padahal dari sawit bisa bikin minyak goreng, mentega, sabun colek. Pelembut kue, busa shampo. Bahksn Bio diesel !!"

" Mau bikin pabrik CPO..Anda harus punya modal 30 milyar. Belum lagi lahan kebun ..Belum lagi pengolahan CPO menjadi olein minyak goreng. Tambah lagi 40 milyar"

"Mesin pengolah cpo bisa dikecilkan seukuran kulkas. Begitu juga dgn pengolah minyak gorengnya"

Mengecilkan proses pengolahan pangan menjadi kecil itulah kuncinya...Indonesia akan menjadi penghasil CPO terbesar di dunia..Tapi minyak goreng saja masih import dari singapore yg cuma punya 5 batang pohon sawit."

"Gula import 2,4 juta ton..Padahal kalo rakyat indonesia mau mengkonsumsi gula tebu cair yg pekat dan manis...Anda bisa produksi gula itu dgn alat sebesar kulkas..Rubah kebiasaan. Indonesia bisa mandiri..Tanam 100 batang tebu dipinggiran kali. Kebutuhan gula pasir perkapita tercukupi. Tapi gulanya cair"

" Satu kecamatan cukup 1 mesin,:
Pengolah minyak sabun biodiesel
Pengolah gula
Pengolah air minum dari air laut sekaligus pabrik garam
Pengolah sinkong jadi beras parboiled
Pengawet ikan. Ayam dan Daging
Pengolah susu
Pengolah juice buah
Pengolah tepung singkong modifikasi pengganti gandum
Pengawet cabe
Pengawet buah
Pengawet bumbu..

" Kalau terjadi katastropi bencana meletusnya beberspa gunung sekaligus. Negara sub tropik akan musim es panjang. Hanya negara tropis yg bisa bertani dan beternak karena masih hangat"

" Kita harus siap. Kalau alat yg sangat akurat bisa mendeteksi keberadaan bagian manapun dari hewan babi dgn kadar sekecil apapun atau bisa mendeteksi binatang ternak yg tdk disembelih secara syari. Industri pangan dunia akan hancur. Kita harus siap menggantikan peranannya"

"Kerang segar, tuna segar, kepiting segar, udang, yg diawetkan dgn teknologi berukuran mini. Akan tetap seperti baru dipanen ketika sampai di jepang. Mereka berani bayar mahal. Tiap desa di pinggir pantai kita kasih mesinnya. Mau export berapa banyak kita jabanin"

"Ingat ! Teknologi ini jangan menumbuhkan kapitalis baru. Gunakan untuk kesejahteraan bersama. Gunakan untuk kemandirian bersama."

" Tepung singkong, kentang, jagung bisa dimodifikasi dgn tekanan tinggi. Ini hal baru setelah modifikasi enzym. Mie instan akan sangat baik tanpa gandum. Roti, biskuit, kue dll akan memberikan hasil yg baik."

" Setiap gudang lelang ikan lengkapi dengan katalis palladium, carbon membrane dan pompa plunger untuk bisa memproduksi sendiri nitrogen cair. Setiap kapal 30 DWT membawa 1 tong nitrogen cair untuk digunakan nanoice generator kecil dgn diesel 9 Hp untuk penggeraknya. Produksi nanoice pengganti ice. Ikan beku yg dihasilkan bila dithawing atau dicairkan 40 hari kemudian, mutunya sama percis ketika baru ditangkap. Bila dicairkan setahun kemudian, ikan seperti menggunakan es biasa yg disimpan selama seminggu."

"Setiap gudang lelang ikan ditambahkan inkubator nanobubble ozone untuk mengoksidasi norovirus kerang-kerangan sekaligus membersihkan cangkang kerang"

"Bekukan dgn nanoice dan pencinta sea food mentah jepang berani membayarnya 4x lipat. Tdk akan allergi dan bersih. Bila ingin lebih mahal lagi berikan proses PIH. Kerang steril dalam kondisi mentah dan beku."

"Proses PIH ukuran mini cocok untuk mensteril lobster mentah atau sejenis lobster besar akan mudah dibuka kulitnya."

"Proses pih mini juga menetralisir toxin ikan balon dan mimi beracun yg mahal harganya."

"Kembangkanlah cara menangkap ikan tuna dgn pemingsan listrik kejut agar tetap hidup. Buat kolam raksasa dengan pendingin air lengkap dengan nanobubble oksigen. Lemak ikan tuna akan tumbuh maksimal dgn pakan yg diatur. Ikan tuna blue fin berlemak banyak sangat mahal harganya. Sempat dijual 1 milyar/ekor di jepang."

" Setiap perahu nelayan diberikan nanobubble generator ukuran kecil dan penampung air laut. Ikan berharga jutaan rupiah/kg (ikan napoleon, ikan sebelah, ikan kerapu dijual hidup"

" Mesin MDM mini bisa memisahkan daging ikan dari sisik dan durinya. Ikan rucah tdk berharga dinaikan nilai tambah menjadi itoyori dan surimi beku balokan"

" Itoyori dan surimi adalah bahan baku industri bakso ikan, otsk2, sosis ikan, kerupuk ikan, kemplang, mpek2 dll."

"Mesin pelumat daging ikan ball cutter sebesar gajah sdh tergantikan mesin turbo cutter dgn pisau tiga tingkat sebesar galon air. Dan sekarang tergantikan lagi dgn mesin multi stage cutter sebesar pergelangan tangan. UMKM bisa terlibat"

" Mesin pengisi sosis otomatis semakin mengecil dan yg terkecil adalah menggunakan aerogel dopping cnt sebesar selang air yg bisa berdenyut seperti perut cacing menekan adonan sosis dgn timbangan atau volume selalu sama. Mesin sebesar sapi skrg jadi sebesar selang air sepanjang 1 meter"

" Ikan asinmu putih bersih dan wangi dengan garam sisa proses pemurnian air laut menjadi air minum. Ikan asinmu akan steril bila penjemuran tertutup dgn hydroxyl radical generator sederhana menggunaksn plasma dan H2O2"

" Ice Cream dgn santan kelapa yg diolah secara dingin bisa lebih digemari ABG dan Ibu2 yg mau diet langsing. Asam lemak lauratnya tdk rusak sedikutpun dan efektif meluruhkan lemak dan cholesterol. Beda dgn ice cream kapitalis yg menambah gelambir perutmu"

"Minyak kelapa virgin oil dengan nano gold menyembuhkan jerawatmu dalam 30 menit. Kamu masih sabar pakai punya kapitalis yg penyembuhannya 30 hari?"

"Shampoo kapitalis bikin rambutmu terurai indah? Shampoo bulu ayam dinanoin bikin rambut keriting menjadi lurus dan indah"

"Roti gandum menyerap lemak yg ada dipencernaan. Roti katul beras yg baru digiling menyerap lemak yg ada di pembuluh darah termasuk pembuluh darah di otak"

" Perusahaan perancis memberimu mayonise berlemak, sementara mereka memakan mie dari tepung porang/suweg yg tumbuh di indonesia untuk mengurangi lemak tubuhnya"

" Semua mesin yg sy sebut Tdk lebih dari Rp 50 jt kalau diproduksi massal. Harga mesin asli sekitar Rp 1 milyar"

" 60% belanja rumah tangga indonesia untuk 4 komoditi:
1. Karbohidrat / beras/tepung
2. Kacang2an/biji2an (tempe tahu)
3. Protein (telur. Ikan &daging
4. Air

Ketahahanan pangan dgn diversikasi sumber karbohidrat. Kembalikan orang papua ke karbo dari aren. Kalau perlu tambahan dari tepung tapioka. Kembalikan jagung menjadi makanan pokok suku tertentu dan maksimalkan modifikasi tepung singkong"

" Hama busuk pangkal batang padi KO oleh semprotan nanosilver pada semaian padi"

" Kalau kadar silika sekam padi kering oven = 86%........??
Pernahkah ada upaya menambahkan silika sebagaimana memberikan pupuk N,P,K ke sawah??
Jika ya 10,3 ton padi/Ha didapat. Tanpa slica cuma dapat 6,4 ton/Ha. Penelitian harus diulang lagi berkali2
Dengan menambahkan nanosilica dari abu sekam padi, kita bisa menurunkan air untuk memberi kesempatan rumpun padi memperbanyak anakan vegetatif"

"Pupuk slow release yg dikonversi dari tinja manusia, kotoran ternak dan busukan daun, bentuknya sebesar kacang tanah. Luruh tiap detik memberi pupuk N P K Mg P2O5 tiap detik dan baru habis setelah 3 tahun. Petani bisa melakukannya sendiri secara berkelompok. Pupuk tdk akan hilang terbawa air atau hujan sebagaimana pupuk urea atau za. Pabriknya hanya pipa paralon 5 inchi setinggi 6 meter..
Pabrik nanosilica sekam padi hanya 2 buah ember dan tabung titrasi dan pengaduk Singkong"

" Di dalam singkong terdapat alfa bets dan gamma amilosa. Temperstur gel Masing2 adalah 50, 60 dan 86 ˚C. Tepung yg tergelatinasi pada suhu rendah digunakan untuk produksi pop mie. Harganya 3x lebih mahal. Semua tepung native tsb akan menggel pd suhu rendah bila dimidufikasi dgn tekanan tinggi 4.600 bar. Mie instan adalah aplikasi utama. Digunakan juga untuk membuat bakso dan sosis daging premium"

" Keajaiban akan terjadi bila dilakukan pada tepung jagung, beras, kentang dll. Ada yg meningkat kerenyahannya, tdk akan gosong meski suhu panas, ada yg selalu nampak basah dll"

" Teknologi nano berkembang pesat, tapi masih mencari bentuk idealnya. Semua akan mengalami percepatan bila hydrogen hasil splitting water bisa disimpan dengan density tinggi tapi bertekanan rendah"

"Pertanian modern kelak bisa menggunakan traktor bermesin listrik. Electromotor ukurannya kecil tapi torsinya besar. Mobil pengangkut batu bara dgn muatan 400 ton sekali angkut menggunakan 2 electro motor. Combustion engines hanya memutar genset"

"Hydrogen cell dari lempeng kaca membutuhkan curahan cahaya matahari penuh. Lahan pertanian adalah tempat ideal. Hydrogen yg dihasilkan diikat oleh graphene buckypaper dalam tabung kapsul. Meski tekanan rendah tapi density 20% dari hydrogen cair. Traktor tinggal mengganti kapsul bila hydrogennya habis
Storage hydrogen ini akan melepas hydrogennya bila diberi tembakan electron dari magnetron kecil. Hydrogen yg terlepas dikonversi menjadi listrik dlm fuel cell. Ini masih minus oksigen untuk tukar ion. Sy masih belum tahu mengadopsi cara menyimpan oksigen seperti hydrogen. Karena listrik baru terbentuk bila ada keduanya. Membrane tukar ion fuel cell masih sangat mahal. Karena baru asahi yg membustnya
Membrane tukar ion terbuat dari polyolefin dan nanopartikel platina. Selama blm bisa memproduksi sendiri, bahan ini berkontribusi cost 86% pada fuel cell"

Teknologi yg masih menginjak bumi adalah mesin bio diesel. Sisipkan tanaman sawit dan pohon jarak di batas kebun. Setorkan buah sawit atau jarak ke kelompok tani yg ditunjuk mengolah bio diesel dgn mesin yg sdh sy ulas di atas. Tdk perlu banysk cingcong timbang buah dan pulang bawa bio solar siap pakai sekaligus bawa minyak goreng untuk memasak, margarine dan sabun colek untuk mencuci
Kalau biodiesel yg dipilih, fertilizer cell yg harus dipilih. Tampung limbah toilet dan busukan daun dalam kolam kecil. Alurkan ke fertilizer cell dgn coating katalis CuPd. cemaran organik NO3 , NO2. akan dikonversi menjadi NH3 yg setara dgn urea atau za cair"

" Pupuk slow release itu green fertilizer. Urea dan ZA itu banyak terbuang sia-sia terbawa air hujan. Mencemari tanah dan perairan"

"Fiksasi nitrogen dari udara bebas bisa dilakukan oleh bakteri dan tanaman berbintil yg mengandung bakteri. Padahal kilatan geledek adalah pabrik amoniak yg sdh Allah SWT siapkan di bumi sebelum bakteri tersebut diciptakan"

"Pikniklah ke kebun raya bogor. Lihatlah pohon besar sebesar kerbau. Daun yg jatuh selalu disapu petugas. Bakteri tdk akan hidup karena permukaan tanahnya ditembok. Pohon itu mendapatkan pupuknya dari air hujan yg mengandung NH3. Waktu sy SD pohon itu baru sebesar kambing. Skrg sdh sebesar kerbau"

"Ahli plasma meniru fiksasi nitrogen menjadi NH3 dgn cara membentuk precusor bebas H yg displitting dari air. Dlm suasana plasma direaksikan dgn Nitrogen udara bebas. Sedikit NH3 TERBENTUK..Ahli nano menyederhanakannya dgn katalis base iron, air dan cahaya matahari
Ingat!! NH3 = PUPUK UREA
Pupuk urea sintetis itu dibuat dari gas methane dan nitrogen udara bebas. Emisi carbon yg dihasilkan sangat dahsyat. Penyumbang gas rumah kaca dan pemanasan global."

" Mengolah kelapa dgn base kopra dan cara psnas. Lemak jahat yg dihasilkan
Padahal asam lemak laurate yg belum terkena panas adalah peluruh kolesterol yg nikmat rasanya
Organisasi food ingredient pd tahun 2014 memutuskan bahwa susu kelapa yg diolah tanpa menggunakan panas adalah makanan terbaik ke 2 di dunia. Harus segera diproduksi untuk menekan kematian 6 juta orsng di USA karena kelebihan kolesterol dan gagal jantung"

" Yg no 1 adalah virgin olive oil minysk zaitun
Terbaik ke 3 adalah super juice sayuran kale. Tinggi lutein dan kalsium
Lutein untuk kesehatan mata"

" Ada 5 manfaat tebu
Gula sukrosa / gula pasir (pangan)
Gula fruktosa (pangan ,farmasi)
Molasis (etanol, msg)
Policosanol (farmasi)
Biomass (energi)
Import raw sugar 2,3 juta ton sama dengan menghilangkan 4 yg lain dan menghilangkan kesempatan lapangan kerja"

" Susu kelapa berasal dari daging kelapa muda dan tdk disaring.. Digiling terhalus dgn alat khusus dan disterilkan tanpa panas"

"Kapitalis berlindung di balik dinding yg kokoh. Tetapi sesungguhnya mereka bercerai berai. Sesudah membaca uraian sy, pasti anda melihat banyak celah untuk mengalahkannya"

"Semua mesin baru ditemukan tahun 2014. Sy mengajak kemandirian diawali dari membuat mesin. Kebetulan mesin ini tdk disukai kapitalis"


(tulisan di atas merupakan pemikiran dari pakar teknologi nano Indonesia Bp. Mulyana Ahmad sebagai direktur utama PT INTI Nanotech,  http://intinanotech.com/


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ketahanan pangan vs kapitalisme
Ditulis oleh Gerai Dinar Purwakarta
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://geraidinarpurwakarta.blogspot.com/2015/05/ketahanan-pangan-vs-kapitalisme.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

44 komentar:

Agus F.I. Soetama mengatakan...

Keren sekali tulisannya pak...ijin share salam kenal terima kasih

Merah Saga mengatakan...

Membuka mata. Izin share.

Merah Saga mengatakan...

Membuka mata. Izin share.

Anonim mengatakan...

Subhanallah. Terimakasih tulisannya membuka mata. Tinggal implementasi nyatanya aja pak terutama membuat mesin mini secara masal agar harganya terjangkau bagi banyak orang dan kelompok.

Syaiful Bachri (Ari SB) mengatakan...

Boleh tanya.., apakah mesin2 yg disampaikan sdh siap diproduksi ? Kami berminat utk kerjasama...

Unknown mengatakan...

Izin share ya pak..

Unknown mengatakan...

Izin share ya pak..

Unknown mengatakan...

Ijin share ya

Unknown mengatakan...

saya tahu teori diatas saja sudah senang,...apalagi klo sampai terealisasi...wow insya Alloh

Jo Hanis mengatakan...

Ayoooo, action, tinggalkan era berwacana, karena wacana tidak akan menghasilkan perubahan

Unknown mengatakan...

Ijin share ya

Unknown mengatakan...

Subhanallah keren habis..
ijin share ya, semoga terbuka wawasan anak bangsa indonesia..

salam
www.bit.ly/info-paytren

Wakhyudin mengatakan...

itulah kenapa rasululloh sejak dulu berusaha membuat kaum muslimin berdikari dalam hal apapun sehingga kaum muslimin punya kekuatan dan tidak mudah diembargo musuh

butikunique mengatakan...

Luar biasa.... Pak saya pingin membuka jalan kemandirian warga saya dengan buka usaha pengolahan kompos kira2 membutuhkan biaya berapa ya untuk mesinnya... Bisa saya minta nomor kontaknya??

butikunique mengatakan...

Luar biasa.... Pak saya pingin membuka jalan kemandirian warga saya dengan buka usaha pengolahan kompos kira2 membutuhkan biaya berapa ya untuk mesinnya... Bisa saya minta nomor kontaknya??

Unknown mengatakan...

Sudah sedikit tau.tapi keren banget. Kapitalis memang harus di lawan secara halus.agar bangsa ini benar2 membuka mata lebar2.dan bisa mandiri.saya yakin negara indonesia akan lebih di segani.

mulyono mengatakan...

saya mau ikut action kapan ? hubungi saya

Dedi Rainer mengatakan...

Semoga pemerintah dan rakyat banyak yang membaca artikel ini. sehingga bisa bergerak bersama-sama untuk Indonesia lebih mandiri

salinpurwa mengatakan...

satukan visi n missi ...mari action dg OVOP, one village one product...

madinahmakkah.com mengatakan...

جَزَاك اللهُ خَيْرًا وَ بارك الله فيك
Sharingnya banyak hikmah yang didapat

pondok sepeda mengatakan...

nice om

Unknown mengatakan...

Sejahterakan rakyat, robohkan kapitalisme

Unknown mengatakan...

Suungguuh membuka mata saya pak

Unknown mengatakan...

sedih mendengarnya

Ayu Rienda mengatakan...

Izin share ya pak :-)

Unknown mengatakan...

Saya baru tahu tentang hal hal yg disampaikan...ada smk teknik yg mungkin bs membuat mesinnya

bennyjeblog mengatakan...

Subhanallah ... Terbuka mata kita , mari kita rapatkan barisan untuk buat action Plan

Unknown mengatakan...

Bersama kita action demi ketahanan pangan desa menuju ketahanan pangan nasional.

Anonim mengatakan...

top markotop... indonesia kaya banget.strategis krn iklim tropis.tinggal action.salam sukses.

teja mengatakan...

Super keren!!!,coba klo busa terealisasi, subhanalloh!!

Unknown mengatakan...

full inspirasi,,,tinggal pemerintah saja apa punya keberanian dan mendukung penuh kemandirian pangan dengan mem back-up penuh petani kita,,,,

Unknown mengatakan...

Izin share , smoga bermanfaat buat kkita semua.

Gerai Dinar Purwakarta mengatakan...

Terimakasih atas segala apresiasinya, kita semua bisa ikut kontribusi demi bangsa ini, tulisan di atas merupakan buah pemikiran dari Bp Mulyana Ahmad selaku dirut dari PT Inti Nano Teknologi Indonesia http://intinanotech.com , mudah2an beliau diberikan kelancaran dan kemudahan untuk dapat mewujudkan hal inidan kita semua dapat merasakan keberkahan dan manfaatnya

Unknown mengatakan...

Wah keren banget artikelnya. Ijin share ya

mastok mengatakan...

Solusi cerdas... inspirasi buat ACT

Unknown mengatakan...

Mantab, kompleks banget...

Unknown mengatakan...

Luuaarr...!! biasa...!! saya baru ngeh dngan adanya artikel ini. smg smakin banyk yg baca & terbuka dngn artikel ini. Izin share..( www.paraginacatering)/info catering di bandung

Unknown mengatakan...

Luuaarr...!! biasa...!! saya baru ngeh dngan adanya artikel ini. smg smakin banyk yg baca & terbuka dngn artikel ini. Izin share..( www.paraginacatering)/info catering di bandung

pradopo sukamto bambu mengatakan...

Izin share pak

Unknown mengatakan...

Coba kontak Arta Agro Barokah (cari di facebook Pak/Bu)

anank mengatakan...

Subhanallaah... keren sekali..!!!
Ijin share pak. Kalau ingin order mesin tertentu ke pihak PT. Inti Nano Tech berapa ya contact person nya?
Ijin share dan terima kasih.

Unknown mengatakan...

Sampai aku tak bisa berucap......seperti ini masyaallah....semoga didaerahku ada ide....yg sesuai dengan pemaparan ini....

Proinov mengatakan...

terima kasih tulisannya, sangat bermanfaat. Sukses selalu!

Salam,
Cacing.id - Organic Earthworm Meal

Hilmi Tantan mengatakan...

ketahanan pangan harus dipertahankan

Xdrakorindo

Posting Komentar

Harga Emas24.com

Harga dinar selama 10 tahun

Harga dinar selama 1 tahun

Harga dinar selama 1 bulan

Harga dinar selama 1 minggu

harga

Buat Email | Copyright of Gerai Dinar Purwakarta.